Sehitam Putih adalah sebuah blog yang merubah hitam menjadi putih, gelap menjadi terang dan tidak tau menjadi tau

Terimakasih Sudah Berkunjung

Kamis, 15 September 2016

Tertipu oleh Kesombongan


   Tertipu oleh Kesombongan. Siapa yang tidak pernah mengalami hal serupa? Mungkin dari beberapa sobat tidak menyadarinya. Tapi tenang sobat mari kita ulas bersama mengenai hal tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut saya akan bertanya lebih dahulu kepada sobat, apakah sobat pernah mau bertanya namun tidak jadi? sebab takut dibilang bodoh. Pertanyaan kedua apakah sobat sering ingin membeli barang-barang terbaru meskipun barang lama masih bagus? Bila pertanyaan tersebut jawabannya iya berarti ada unsur-unsur kesombongan dalam diri sobat.

    Perlu kita ketahui sobat kesombongan itu dekat banget dengan yang namanya malu, gengsi, iri, dengki dan benci. Contoh orang yang merasa dirinya pintar ada kemungkinan mucul rasa bangga, bila hal ini terdapat dalam diri sobat sadarilah sobat untuk segera rendah hati sebab jika kita tinggi hati ada kemungkinan iri bila melihat orang yang lebih pintar dari sobat, jika sobat tidak tau sesuatu timbul rasa malu bertanya kepada orang lain, terlebih kepada orang yang anda anggap kepintarannya dibawah sobat karena sobat merasa gengsi.
   Kesombongan yang menguasai diri kita harus kita rasakan keberadaanya, dan sobat harus melihat apa saja yang menjadi penyebabnya,  kesombongan memang biasanya menjadi sifat seseorang yang disebabkan berbagai faktor, bisa faktor lingkungan, faktor sosial maupun faktor ekonomi.
   Mari kita rasakan keberadann kesombongan, sobat kemunculan rasa sombong sebetulnnya bisa kita rasakan, hal ini memang tidak mudah. Namun bila sobat ingin merasakan saya yakin sobat pasti bisa, caranya sadari semua hal saat sobat melakukan apapun, saat berbicara, melihat, bertindak rasakan sepenuh hati, karena hanya diri sobat sendiri yang bisa merasakan. Orang lain hanya bisa merasakan output dari tindakan sobat dan tidak bisa merasakan kesadaran sobat. Maka dari itu sobat harus berlatih bila mau merasakan dan berlatih menghentikan rasa sombong sebelum menjadi tindakan sombong.
   Penyebab-penyebab kesombongan biasannya juga terbentuk karena lingkungan, misal sobat terlahir menjadi anak konglomerat kemungkinan besar sobat akan merasa malu untuk berkumpul dengan orang-orang yang tinggal di pinggiran, mungkin sobat akan menganggap cara hidup mereka itu kumuh, kampungan dan lain sebagainya. Maka dari itu mudah-mudahan sobat menyadari keberadaan rasa sombong agar bisa menyadari penyebab-penyebabnya dan segera mengatasinya.
   Kesombongan bisa menipu diri, contoh  kita sukar bilang enak bila makanan itu hargannya murah kita akan tetap makan, makanan yang rasannya biasa saja tapi hargannya mahal. Kita akan menggunakan smartphone yang harganya mahal dan terbaru meski kita hanya bisa tau cara telephon dan sms, dan jangan sampai kita tetap pakai kacamata hitam pada malam hari yang gelap agar terlihat keren.

0 komentar:

Posting Komentar